Senin, 08 Februari 2010

Menyimpang uang di brankas


Ada banyak cara menyimpan uang. Mulai dari yang tradisional seperti di bawah kasur atau di dalam celengan sampai dengan yang umum pada zaman sekarang, yaitu dengan menyimpan uang dalam rekening tabungan. Menabung uang di Bank, konon katanya lebih aman. Selain itu juga banyak diiming-imingi dengan reward yang menarik seperti suku bunga dan undian berhadiah. Undian berhadiahnya pun tidak tanggung-tanggung, mulai dari payung cantik sampai mobil mewah. Yang tak kalah menarik, dengan adanya kartu ATM, kita tidak perlu banyak-bamyak membawa uang kemana-mana, apalagi buat yang punya hobi shopping, kalau uang tunai di dompet sudah habis, tinggal gesek saja kartu ATM nya di kasir. Mau bayar listrik atau telepon juga tidak pelu lagi antri di loket-loket pembayaran, tinggal transfer saja dari ATM. Apalagi yang sudah memanfaatkan fasilitas mobile banking atau internet banking, kalau mau bertransaksi, ga perlu jauh-jauh ke Bank atau ATM, tapi bisa dari rumah atau kantor kita.

Namun banyak yang tidak menyadari, atau bagi yang sudah menyadari tapi ternyata masih sangat sulit untuk melepaskan diri. Bahwa sebenarnya menabung di Bank itu tidak sesuai atau bertentangan dengan syariah Islam. Dari segi keamanan nya, ternyata relatif tidak aman juga. Buktinya berapa banyak kasus pembobolan rekening tabungan yang kita dengar marak akhir-akhir ini.

Coba kita fikirkan alternatif yang aman menyimpan uang dan tidak bertentangan dengan syariah Islam. Menyimpan uang di dalam brankas, walaupun terdengar konvensional tapi mungkin malah bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi kita semua. Asalkan kita juga harus tetap waspada, jangan sampai brankas kita dibobol atau dibawa kabur oleh tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab. Mau mulai mencoba membeli brankas? Anda bisa mencarinya di toko-toko yang menjual peralatan kantor seperti juga halnya meja kantor, kursi kantor, dan lemari arsip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar